· 

Apakah penyakit sipilis itu?

Apakah penyakit sipilis itu? - Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Infeksi Penyakit sipilis terjadi secara bertahap, disebut primer, sekunder, laten awal dan laten akhir. Setiap tahap memiliki berbagai jenis gejala.

 

Penyakit sipilis bergantian antara saat aktif dan tidak aktif. Bila sifilis aktif, mungkin ada gejala. Bila infeksi tidak aktif, tidak ada gejala yang muncul meski Anda masih memiliki Penyakit sipilis.

 

Meskipun Penyakit sipilis jauh lebih jarang terjadi daripada klamidia dan gonore, pengidap Penyakit sipilis telah meningkat selama 15 tahun terakhir. Kasus Penyakit sipilis terakhir terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria.

 

Penyebab penyakit sipilis

 

Penularan Penyakit sipilis dari pasangan seksual melalui kontak kulit-ke-kulit dengan pengidap selama seks oral, anal atau vagina (frontal). Penyakit sipilis juga bisa ditularkan dari orang yang sedang hamil ke bayi.

 

Gejala Penyakit Sipilis

 

Penyakit sipilis dikenal sebagai peniru yang hebat karena terlihat seperti banyak infeksi atau kondisi lainnya, dan sulit untuk didiagnosis. Tahap laten, sekunder dan awal laten bersifat menular. Seringkali orang tidak tahu mereka menderita Penyakit sipilis karena mereka tidak memperhatikan gejala apapun. Jika tidak diobati, Penyakit sipilis bisa berlanjut sampai stadium lanjut dan menyebabkan masalah kesehatan serius.

 

Stadium Primer: Sakit yang tidak nyeri (chancre) dapat terjadi saat Penyakit sipilis masuk ke dalam tubuh. Seringkali sakit tidak akan terlihat, tapi jika ada yang sakit maka akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan atau tertular HIV. Sakit biasanya terjadi di mana saja dari 3 sampai 90 hari setelah kontak. Nyeri paling sering terjadi di daerah genital, tapi mungkin juga di bibir dan mulut. Sakit akan hilang sendiri dalam beberapa minggu, tapi Penyakit sipilis akan terus berlanjut. 

 

Tahap sekunder: Ruam non-gatal dapat berkembang dari 14 sampai 90 hari setelah mendapatkan Penyakit sipilis. Ruam bisa muncul di manapun di tubuh, tapi paling sering ditemukan di dada, perut, alat kelamin, telapak tangan dan telapak kaki. Ruam biasanya hilang tapi bisa kembali berbulan-bulan kemudian. Gejala lainnya antara lain sakit kepala, demam, rambut rontok, kelenjar getah bening bengkak dan benjolan atau benjolan di dalam mulut, anus, penis atau vagina.

 

Tahap Laten atau Tersembunyi: Jika Penyakit sipilis tidak diobati, itu berlanjut ke stadium laten atau tersembunyi. Periode laten bisa bertahan hingga 30 tahun atau lebih, dan Anda mungkin tidak memiliki gejala selama masa ini.

 

Penyakit sipilis laten memiliki dua tahap: Penyakit sipilis laten awal, ketika seseorang mendapat sifilis dalam setahun terakhir, dan sifilis laten akhir. Seperti semua tahap awal, sifilis laten awal sangat menular. Penyakit sipilis juga bisa menjadi pemicu kutil kelamin, untuk lebih jelasnya mengenai penyakit ini silahkan klik artikel obat kutil kelamin.

 

Komplikasi penyakit sipilis

Tahap akhir: Penyakit sipilis yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan pada otak, jantung dan organ tubuh lainnya. Kasus penyakit berat bisa menyebabkan kematian.

 

Neurosifilis: Infeksi sistem saraf pusat dapat terjadi pada tahap apapun. Gejalanya bisa meliputi sakit kepala, pusing, perubahan kepribadian, masalah keseimbangan, demensia, perubahan penglihatan, gangguan pendengaran, mati rasa atau kelemahan di kaki.

 

Penyakit sipilis kongenital: Orang hamil dapat menularkan Penyakit sipiliske anak yang belum lahir, mengakibatkan lahir mati, kelahiran prematur, dan kelainan pada bayi.

 

Pengujian dan Diagnosis penyakit sipilis

Penyakit sipilis didiagnosis dengan tes darah. Cairan dari luka juga bisa diseka. Sebagian besar hasil tes akurat tiga minggu setelah kontak dengan pengidap sipilis, tapi bisa memakan waktu selama tiga bulan.

 

Pengobatan penyakit sipilis

Penyakit sipilis diobati dengan jenis Obat sipilis herbal. Pengobatan antibiotik yang berbeda tersedia jika orang tersebut alergi terhadap penisilin. Pengobatan antibiotik dapat menyembuhkan Penyakit sipilis, meski tidak akan mengurungkan kerusakan yang disebabkan oleh Penyakit sipilis pada stadium lanjut.

 

Setelah perawatan, tindak lanjut tes darah dilakukan pada enam dan 12 bulan, maka setiap enam bulan selama dua tahun untuk memastikan bahwa pengobatan antibiotik berhasil. Pengujian dilakukan lebih sering jika seseorang terkena HIV.

 

obat penyakit sipilis

obat sipilis

Pengobatan untuk pasangan

 

Jika Anda memiliki Penyakit sipilis, Anda akan ditanya tentang siapa Anda berhubungan seks dengan yang terakhir dalam 3 sampai 12 bulan terakhir. Ini karena Penyakit sipilis adalah infeksi yang sangat menular. Siapa pun yang berhubungan seks dengan Anda perlu diuji dan diobati. Pasangan hampir selalu diberi obat apakah mereka memiliki gejala atau tidak. Jika Anda belum melakukan hubungan seks dalam 3 bulan terakhir (90 hari), pasangan terakhir Anda harus diuji.

 

Ada beberapa cara yang berbeda untuk memberi tahu rekan tentang pengujian IMS. Beberapa orang ingin memberi tahu rekan kerja secara langsung, orang lain lebih suka memberi tahu mitra secara anonim. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang cara apa yang paling sesuai untuk Anda.

 

Hindari infeksi ulang atau memperpanjang infeksi

 

Perlu waktu agar infeksi dikeluarkan dari tubuh, jadi penting bagi Anda untuk tidak melakukan hubungan seks oral, vagina (frontal) dan anal selama 14 hari setelah Anda dan pasangan Anda memulai perawatan antibiotik. Jika Anda atau pasangan Anda tidak menyelesaikan pengobatan atau pil yang terlewatkan, infeksi tersebut dapat ditularkan kembali kepada Anda atau pasangan Anda dan dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari. Jika itu terjadi, bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda atau pasangan Anda memerlukan lebih banyak perawatan.

Silahkan baca juga ertikel tentang obat kencing batu